Inilah Keunikan Burung Ciblek

Ciblek atau Prenjak burung branjangan gunung kelihatannya kurun waktu terkhir ini senantiasa jadi bahan perbincangan hangat beberapa penghobi, terlebih beberapa cigun mania. Mungkin saja hal semacam itu cukup beralasan, mengingat burung yang bernama latin (ilmiah) Prinia atrogularis ini cukup memiliki banyak segi yang jual.

Terkecuali nada sering memberi warna perbagai even perlombaan, kicauan khasnya yang dinamakan dengan arti Ngebren serta nembak itu memanglah dinilai pas buat memaster model burung penyanyi lain. Tentunya hal semacam itu juga sebagai satu argumen yang pasti, kenapa beberapa pemelihara burung dari keluarga Cisticolidae ini sendiri dari dahulu tak pernah sepi.

Ciblek gunung sendiri murai batu gacor sebagai burung berkelompok yang umumnya menempati daerah pada ketinggian 600 – 2500 m (dpl) di negara-negara lokasi Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia serta Myanmar. Burung ini dapat di ketahui hidup di Cina selatan, Nepal sampai Himalaya.

Tak cuma itu, di beberapa negara itu ciblek gunung sendiri juga di ketahui ada dalam 7 ras atau sub-spesies. Salah satunya mencakup Prinia atrogularis atrogularis, khasiana, superciliaris, erythropleura, klossi, waterstradti serta dysancrita. Model ras cigun yang sekarang ini paling disukai banyak orang di Tanah Air sendiri adalah Prinia atrogularis dysancrita yang konon di pertama kalinya diketemukan di lokasi Sumatera Barat.

Simak juga ; tledekan gacor

Burung ciblek gunung asal sumatera sendiri sesungguhnya udah cukup lama jadi burung peliharaan terfavorit beberapa cigun mania, tetapi kopopuleran prenjak gunung sumatera itu tak sebaik ciblek gunung jawa. Ciblek gunung jawa yang dinilai beberapa penghobi memiliki kwalitas nada tembak serta mental lebih kuat.

Prenjak gunung yang dikalim tambah baik tersebut datang dari Tasik, Jawa Barat. Cuma saja hal semacam itu tak dapat jadikan rujukan yang pas, sebab semuanya keunggulan nada nembak ataupun ngebren burung ciblek pada intinya bergantung perawatan keseharian tiap-tiap yang memiliki.

Ciri Burung Ciblek Gunung

Prenjak gunung kebanyakan mempunyai tanda-tanda ukuran badan 16 cm, mempunyai ekor lebih panjang dari pada panjang badannya serta di bagian pipi berwarna abu-abu. Di bagian dada tampak seperti ada garis-garis, sedang di bagian segi badannya berwarna kuning tua.

Ciblek gunung jantan memiliki ukuran kaki semakin besar yang bewarna cokelat. Diluar itu, di bagian dubur si jantan lebih menonjol dengan bulu yang cukup lebat. Mengenai warna bulu cokelat serta kuning pada pejantan lebih terlihat cerah. Untuk ciri si betina sendiri kebalikan-nya. Warna bulunya agak terlihat kusam serta tak sangat terang.

Advertisements
This entry was posted in Jenis burung and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s