Keunikan Burung Nuri Yang Belum Banyak Diketahui

Burung nuri tanau harga nuri jambul atau blue-rumped parrot (Psittinus cyanurus) barangkali belum juga banyak di kenal kicaumania yang berada di Jawa, Bali, serta lokasi timur Indonesia. Pasalnya, burung ini cuma dapat didapati di Sumatera, Kalimantan, Semenangjung Malaysia, Myanmar, serta Thailand.

Screenshot_7

Di Malaysia, nuri tanau dikatakan sebagai puling. Ada pula yang mengatakannya serindit gajah. Suaranya, menurut Om Kicau, begitu menarik, seperti kombinasi nada parkit serta serindit, tetapi suaranya lebih kencang serta beragam. Burung jantan serta betina keduanya sama sanggup berkicau dengan beragam. Bagaimana perawatan burung nuri tanau?

Postur burung nuri tanau harga gagak semakin besar dari pada serindit, dengan panjang badan rata-rata 18 cm. Banding dengan serindit yang panjang badannya cuma 13 cm. Bulu badan dibagian atas berwarna hijau.

Burung jantan mempunyai kepala berwarna biru, dengan punggung hijau kehitaman. Pada pundak, atau pangkal sayap, ada sedikit bercak merah. Sedangkan sisi bawah punggung sampai tunggir (tempat tumbuhnya ekor) berwarna biru. Burung jantan mempunyai paruh berwarna merah.

Baca Juga : ayam hias

Mengenai burung betina mempunyai kepala berwarna cokelat, dengan sisi perut berwarna hijau muda. Warna paruhnya juga berlainan dari burung jantan, yakni kecokelatan. Untuk lebih detilnya, silahkan saksikan gambar dibawah berikut ini.

Nuri tanau betina (kiri) serta jantan samping kanan, terlihat berlainan dari warna badannya
Burung nuri tanau betina (kiri) serta jantan.
Ras nuri tanau, habitat serta kebiasaan

Burung nuri tanau ialah hanya satu anggota dari genus Psittinus dari keluarga Psittacidae (paruh bengkok). Spesies ini terdiri atas tiga subspesies atau, yakni :

Psittinus cyanurus cyanurus : diketemukan di lokasi selatan Myanmar danThailand, sampai Semenanjung Malaysia, Sumatera, serta Kalimantan

Psittinus cyanurus abbotti : ada di Pulau Simeulue (Aceh) serta Siumat, yang terdapat di lokasi baratlaut Sumatera.

Psittinus cyanurus pontius : cuma didapati di Kepulawaun Mentawai, Sumatera Barat.
Habitatnya di rimba dataran rendah, yang pada umumnya terdapat dibawah 700 m, dengan pembawaan rimba seperti rimba terbuka, ladang serta perkebunan, rimba bakau, bahkan juga seringkali tampak di perkebunan kelapa atau kelapa sawit. Mereka seringkali tampak dalam golongan kecil yang terdiri atas sekitaran 20 ekor. Makanannya berbentuk biji-bijian, buah-buah manis, bunga, serta nektar. Jadi, serupa sekali dengan makanan burung serindit.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s